Sabtu, 20 Mei 2017

Explaining Cloud Computing

Pada ulasan yang pertama ini akan membahas mengenai Cloud Computing. Bahan ulasan kali ini saya dapatkan dari video yang berjudul "Explaining Cloud Computing" yang berdurasi selama 5 menit 21 detik dan telah di tonton sebanyak 310.485 kali. Video tersebut dapat anda akses pada link : https://youtu.be/hplXnFUlPmg . Video tersebut dibuat dan presentasikan oleh Christopher Barnatt.

Cloud Computing merupakan sebuah praktik menggunakan server jarak jauh (bukan server lokal atau pribadi) yang di hosting di internet untuk menyimpan, memproses dan mengelola data.  Cloud computing erat kaitannya dengan mulculnya tren aplikasi online yang disebut SaaS yang contohnya ialah google docs yang memungkinkan penggunanya untuk men-upload dokumennya ke online cloud yang kemudian dapat di dikerjakan lagi menggunakan perangkat komputasi yang telah terhubung dengan internet (handphone, pc).


Selain SaaS, Cloud juga dapat mengembangkan layanan berbasis hardware yang sering disebut dengan HaaS. HaaS model penyediaan layanan untuk hardware yang didefinisikan dalah konteks managed service atau grid computing. Dalam konteks managed service, HaaS mirip dengan lisensi, sedangkan dalam grid computing HaaS merupakan model pay-as-you-go. HaaS dalam menyediakan layanan dapat memberi beberapa keuntungan. Dalam video contoh HaaS yang digunakan ialah Amazon EC2. Keuntungannya antara lain elastic, flexible inexpensive, dan reliable.


Video yang diunggah oleh Christopher Barnatt ini cukup jelas dan baik karena dalam penyampaiannya memberikan contoh yang mudah untuk dipahami. selain itu pelafalannya jelas sehinnga kata-katanya mudah dipahami.


GITHUB Account: rimaindriani

URL konten Youtube: https://youtu.be/hplXnFUlPmg
Video Author : Christopher Barnatt
Pemetaan : week10
Subisi Revisi Pertama : 20 Mei 2017
Submisi Revisi Terakhir : 20 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar